Yamaha Lexi 155: Begini Mesin Barunya!

Maniakmotor.com – Yamaha LEXi LX 155 series hadir dengan perubahan yang signifikan di sektor dapur pacunya, meningkatkan performa berkendara bagi penggunanya. Salah satu peningkatan utamanya adalah penggunaan mesin Blue Core berkapasitas 155cc, yang menawarkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW / 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14,2 Nm / 6.500 rpm. Mesin generasi terbaru ini telah mengalami berbagai peningkatan, seperti perombakan pada desain camshaft, piston, head, jalur oli, dan bagian lainnya.

Ferry Nurul Fajar, dari Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, menjelaskan bahwa mesin LEXi LX 155 menggunakan mesin Blue Core 155cc generasi terbaru yang mengalami perombakan signifikan. Perubahan ini meningkatkan efisiensi mekanis mesin, mengurangi gesekan dan vibrasi, serta meningkatkan akselerasi dan performa secara keseluruhan.

Beberapa perubahan pada LEXi 155 termasuk peningkatan pada body cylinder dan piston yang dicetak. Peningkatan kubikasi mesin juga mempengaruhi dimensi body cylinder dan piston, dengan ukuran diameter yang lebih besar. Dinding cylinder juga dirancang untuk meminimalkan gesekan dan kehilangan oli.

Perubahan juga terjadi pada head cylinder yang mampu menghasilkan kompresi rasio yang lebih besar. Crankshaft dan rotor assy juga mengalami peningkatan, dengan ukuran yang lebih pendek dan ringan, memberikan dampak positif pada akselerasi motor.

Bagian camshaft juga mengalami pembaruan dengan penggabungan pin dowel menjadi satu kesatuan dengan camshaft, meningkatkan kekakuan dan mengurangi gesekan. Salah satu perubahan paling signifikan terjadi pada tensioner mesin Blue Core generasi terbaru yang digunakan oleh LEXi LX 155.

Dengan berbagai peningkatan ini, Yamaha LEXi LX 155 menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi para pengguna. Performa yang ditingkatkan dan efisiensi mesin yang lebih baik merupakan hal yang patut dinantikan oleh para pecinta motor. Dengan demikian, LEXi LX 155 menegaskan posisinya sebagai salah satu pilihan utama di pasar skuter matik yang semakin kompetitif.