Yamaha MX King Versi 160 cc 2024, Mau Mendarat di Malaysia! Siap-Siap Dipakai di Road Race?

Maniak Motor — Mantep nih, bakal ada Kembaran dari Yamaha MX King yang dimaksud di sini adalah Y16ZR 2024 model terbaru, Bro. Motor bebek itu bakal rilis di negara tetangga sebelah, Malaysia, dan lantas apakah akan bisa dipakai di balap motor Kejurnas juga.

Itu kita kudu lihat kembali sejarah penggunaan Yamaha Mx King di Indonesia bro. Sebelum ada kelas Bebek 150CC Tune Up, tadinya balap Kejurnas di Indonesia sempat menggunakan bebek 130CC Tune up.

Di kelas Bebek 130CC Tune Up pun, masih banyak yang menggunakan basic CC di bawahnya. Sebut saja 5TP yang aslinya bukan 130CC, atau Jupiter Z1.

Balik ke masa kini, dan bila mana Y16ZR bisa dipakai di balap motor Indonesia, maka kudu ada kelas baru. Itu harus di angka 160CC bro.

Dengan kondisi saat ini, di mana masih banyaknya  tim-tim menggunakan mesin berkapasitas 150CC, boleh dibilang hal yang sama akan terjadi seperti dahulu kala.

Bisa-bisa, ada transisi dari banyaknya tim-tim menggunakan Mx King lalu Bore Up ke 160CC. Begitu harusnya ya kalau melihat balap jadul.

Prosesnya juga bukan semacam satu tahun langsung berubah. Minimal banget 5 tahunan bro, silahkan cek sendiri dan koreksi Mimin dulu berapa lama kelas Kejurnas 130CC itu ada.

Nah, selain memprediksi  masa depan, boleh juga nih kita lihat dulu spesifikasi Y16ZR.

Dengan desain agresif nan sporty, terdapat beberapa hal di Yamaha Y16ZR 2024 yang berubah dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Mengutip dari situs Paultan (Selasa, 23 Januari 2024), distributor motor Yamaha di Malaysia yakni Yamaha Motor Hong Leong, perubahan dari rilisan motor ini ditemukan pada penutup serta panel depan yang didesain ulang dan dilengkapi DRL LED.

Poin krusial dari dirilisnya kembaran MX King versi 2024 ini adalah terletak pada mesinnya. Yamaha Y16ZR 2024 memiliki mesin dengan kapasitas 155 cc, SOHC Variable Valve Actuation (VVA) khas Yamaha.

Dengan penggabungan sistem girboks enam percepatan ditambahkan assist dan slipper clutch, tenaga dari motor bebek sport ini sebesar 17,7 hp pada 9.500 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 8.000 rpm.

Y16ZR, seperti namanya yang mencolok, kini dilengkapi dengan Anti-lock Braking System (ABS) di roda depan, bekerja pada cakram hidrolik tunggal dan kaliper rem dua piston. Pengereman belakang juga mengusung sistem serupa dengan hidrolik dan kaliper piston tunggal.

Meskipun demikian, tidak ada perubahan pada roda gigi dan suspensi, dengan pabrikan berlogo “garputala” yang mempertahankan garpu teleskopik dan monoshock preload di bagian depan dan belakang.

Kabar terkini, kembaran MX King alias Yamaha Y16ZR 2024 ini dijual di negeri Jiran dengan harga RM11,398 atau sekitar Rp 37,8 jutaan. Motor bebek ini terpampang dengan tiga opsi warna, yakni Violet Knight, Ocean Neon, dan Mag Greg.

Sebagai komparansi saja terkait harga, Yamaha MX King 150 di Indonesia dijual Rp 25.870.000 OTR Jakarta. Lantas kapan y Yamaha Indonesia merilis Yamaha MX King 160 cc? Siap menunggu kah bagi bestis si penggemar setia Yamaha MX King?

Diva