Yamaha YZR-M1 2024 di Tes MotoGP Sepang: Minim Aero Lagi! Riset Non-Aero Tapi Lebih Kencang?

Maniakmotor.com – Yamaha memberikan kejutan di sesi tes shakedown MotoGP Sepang dengan YZR-M1 spek 2024 yang tampil minim perangkat aero. Berbeda dengan rival-rivalnya seperti Honda, KTM, Ducati, dan Aprilia, Yamaha tampak tancap gas dengan gaya yang unik.

Cal Crutchlow, yang menggeber motor Yamaha pada hari pertama, memperlihatkan motor tanpa banyak perangkat aero atau aero fairing. Bagian belakangnya dengan model buntut tawon terlihat lebih ‘sepi’ dibandingkan rival-rivalnya yang mulai memasang sayap belakang.

Meski begitu, Yamaha tetap mempertahankan model ‘kumis’ pada aero fairing depan, sementara bagian samping atau side fairing tampak tidak banyak mengalami perubahan. Fokus utama tampaknya pada pengembangan mesin dan sistem elektronik, yang menjadi titik lemah Yamaha selama dua musim terakhir di MotoGP.

Seiring dengan perubahan ini, Fabio Quartararo, rider utama Yamaha, sempat memberikan ultimatum kepada tim. Jika mereka tidak dapat menyediakan mesin yang lebih bertenaga, tidak menutup kemungkinan Quartararo akan beralih ke tim rival.

Meskipun pada hari pertama Yamaha tertinggal dari KTM, pada hari kedua, mereka menunjukkan peningkatan.

Quartararo mencetak waktu terbaik 1:58,524, hanya tertinggal 0,2 detik dari Pol Espargaro yang menjadi rider tercepat pada hari kedua.

Yamaha membuktikan bahwa meski minim aero, mereka tetap bisa bersaing dengan kecepatan yang lebih tinggi. Akan menjadi interesan melihat bagaimana evolusi Yamaha YZR-M1 ini akan berlanjut sepanjang musim MotoGP mendatang.

MM