YZR-M1 2024 Tak Tunjukkan Peningkatan Mesin? Kok Di hari Pertama Ngacir?

Maniakmotor.com – Tim pabrikan Yamaha bersama Quartararo baru-baru ini menguji motor prototipe YZR-M1 2024 di Sirkuit Misano untuk persiapan MotoGP 2024. Meski berharap peningkatan, Quartararo menyatakan kekecewaannya karena tidak merasakan peningkatan performa mesin.

Pada sesi pengetesan Senin (11/09), Quartararo mencatat 91 lap, menguji ban Michelin dan peningkatan mesin pertama. Namun, sang pembalap Prancis ini menyatakan perlu melakukan pengetesan lebih lanjut untuk menilai performa mesin M1 versi 2024.

“Saya berharap tes ini jauh lebih baik. Namun kami harus tetap positif dan mencoba menganalisis apa yang terjadi agar bisa berkembang untuk tes selanjutnya di Valencia,” ungkap Quartararo.

Meski Quartararo menunjukkan kekecewaannya, artikel ini juga mencatat bahwa pembalap Honda, Marc Marquez, mengalami masalah serupa dengan motor prototipe Honda RC213V versi 2024. Marquez bahkan menyatakan bahwa performa versi terbaru tidak berbeda jauh dengan versi 2023.

Ketidakpuasan Quartararo dan Marquez terhadap motor pabrikan menambah ketegangan jelang musim 2024. Bagaimana kedua tim besar ini akan mengatasi tantangan ini?

Memang dari hari pertama, Yamaha YZR-M1 2024 tampil beda di tes shakedown MotoGP Sepang! Meskipun minim perangkat aero, motor ini menggebrak lintasan dengan kecepatan luar biasa.

Misalnya dengan performa Cal Crutchlow membuktikan bahwa kekuatan motor tak hanya terletak pada sayap belakang atau fairing yang mewah.

Dibandingkan rival-rivalnya seperti Honda dan Ducati, Yamaha memilih jalur yang berbeda. Desain belakangnya dengan model buntut tawon yang ‘sepi’ menunjukkan keberanian mereka untuk tidak mengandalkan aerodinamika ekstensif. Bagaimanapun, kehadiran mereka di depan lintasan tetap mencuri perhatian.

Aero fairing depan Yamaha masih mempertahankan gaya ‘kumis’ yang menjadi ciri khas musim lalu. Meskipun demikian, fokus utama tampaknya terletak pada mesin dan elektronik. Yamaha berupaya memperbaiki titik lemah akselerasi yang telah dikeluhkan oleh pembalap utama mereka, Fabio Quartararo.

Quartararo, yang pernah memberikan ultimatum kepada Yamaha, kini bisa tersenyum. Meskipun pada hari pertama tes shakedown, Yamaha tertinggal 1,7 detik dari KTM, namun pada hari kedua, mereka mulai menunjukkan ketajamannya. Quartararo mencetak waktu terbaiknya, hanya tertinggal 0,2 detik dari Pol Espargaro.

Tapi ya kembali, penentuan di hari kedua berkata berbeda. Apalagi dengan Quartararo yang malah kecewa dengan perkembangan Yamaha M1 di 2024.

RAIDER