ZX25R Ditarik Alias Recall! Ada yang Harus Diservis di Bagian Rangkanya

Maniakmotor.com – Kawasaki Motor Indonesia (KMI) baru saja mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) untuk model Kawasaki Ninja ZX-25R mereka, dan hal ini tentunya menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar motor sport. Langkah ini diambil setelah sebelumnya Ninja ZX-25R juga mengalami recall di Malaysia dan Jepang.

Jadi, apa sebenarnya masalah yang sedang dihadapi oleh motor sport 250 cc 4 silinder ini? Berdasarkan informasi dari surat edaran tim service, PT KMI telah mengeluarkan pemberitahuan kepada para pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap komponen rangka di dealer resmi Kawasaki di Indonesia.

Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen setia Kawasaki, PT KMI memberikan ‘Free Scan Engine (VDR)’ bagi pemilik sepeda motor ini. Menurut Kawasaki Jepang, masalah utamanya terletak pada lubang drainase yang tidak ditempatkan dengan benar pada rangka motor.

Hal ini dapat menyebabkan kesulitan bagi air yang masuk ke dalam kendaraan untuk mengalir keluar saat sedang berkendara di tengah hujan atau saat mencuci kendaraan. Akibatnya, air bisa tertinggal di dalam rangka untuk jangka waktu yang lama.

Risikonya adalah terjadinya cat terkelupas akibat karat di sekitar lubang drainase. Untuk mengatasi masalah ini, lubang drainase atau pembuangan air akan ditambahkan di bagian bawah kiri dan kanan rangka pada semua kendaraan yang terkena dampak.

Jika cat sudah terkelupas, maka akan dilakukan perbaikan dengan proses pengecatan. Perbaikan ini diperkirakan memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Selain Kawasaki Ninja ZX-25R, unit lain yang terdampak perbaikan ini adalah Kawasaki ZX-25RR